4 Manfaat Teknologi Dalam Bidang Pendidikan

Saat ini teknologi memang menjadi pusat perhatian bagi semua kalangan. Pasalnya kita memang di tuntut untuk ikut kemajuan tersebut agar tidak malah tertinggal dengan kemajuan zaman. Teknologi memiliki banyak manfaat untuk manusia.

manfaat-teknologi-dalam-bidang-pendidikan

Terlebih lagi dalam bidang pendidikan, teknologi saat memang sangat memegang peranan penting. Bagaimana tidak? Hampir aktivitas belajar dan mengajar saat ini menggunakan alat eletronik yang merupakan bagian dari teknologi.

Kegunaan Teknologi di Bidang Pendidikan

Mungkin Anda telah melihat beberapa manfaat dari adanya teknologi di dunia ini. Misalkan saja adanya mesin cuci bisa membuat pekerjaan seorang ibut rumah tangga menjadi lebih cepat. Tapi bagaimana dengan manfaat teknologi dalam dunia pendidikan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Sebagai sumber pengetahuan

Mungkin ada dari Anda yang bertanya –tanya mengapa teknologi itu sebagaai sumber pengetahuan, Padahal faktnya yang menciptakan teknologi itu manusia sendiri Bukan? Ulasan atas pertanyaan seperti ini, memang betul teknologi itu diciptakan oleh manusia tetapi dipakai oleh banyak orang.

Kita ambil saja contoh Google, yang menciptakan google itu adalah Larry Page dan juga Sergey Brin. Tapi di balik itu cobalah lihat apa dampak dari penemuan orang tersebut. Saat ini hampir semua orang berkunjung ke situs pencarian tersebut dimana hampir semua informasi yang telah Anda ketahui atau bahkan yang belum Anda pikirkan sekalipun sudah terdapat didalamnya.

Read :  2 Fitur yang akan ditutup oleh pihak Youtube

Mengapa bisa demikian? Sebab google adalah tempat berkumpulnya ilmu dari semua orang di dunia. Dari pada Anda harus berguru kesana kemari, jika memungkinkan, mengapa tidak menggunaan google saja sebagai guru gratis paling pintar di dunia.

Baca juga: Proyek Teknologi Google ini di Percaya Bakal Ubah Dunia

Sebagai Tempat bertukar pikiran atau sharing

Selain sebagai sumber pengetahuan seperti yang di jelaskan pada poitn pertama, dengan adanya teknologi sendiri juga sangat membantu dalam hal bertukar pikiran. Dengan adanya sebuah teknologi di dunia ini, Anda sendiri pasti sudah meraskan kemudahan dan manfaatnya, bukan? Dimana saat Anda merasa bingung mencari informasi yang dibutuhkan atau bahkan tidak ada di google  maka Anda bisa bertanya melalui forum – forum diskusi melalui internet  Disini Anda bisa langsung bertanya atau mencari solusi mengenai masalah Anda disana dan saya yakin orang- orang disana akan merespon keluhan Anda tersebut.

Perlu di ketahui mengenai beberapa wadah yang menyediakan layanan tersebut. Khusus negara Indonesia sendiri, bisanya kita mengenal kaskus, forum Tribun dan masih banyak lagi  forum diskusi yang ada di internet.

Read :  Penyedia SSH Premium yang Recommended Sekaligus Tercepat 2017

Dengan cara ini, kala Anda tidak menemukan topik yang sedang Anda cari di internet, Anda akan bisa mendapatkan solusinya dari forum atau gruop yang berkenaan dengan masalah Anda.

Sebagai media sosialnya pengetahuan

Anda tentu telah mengetahui apa itu media sosila, bukan? Yaps, ini adalah tempat berbagi informasi satu dengan yang lain. Namun dalam hal ini yang di bahas adalah media sosial sebagai sumber pengetahuan dimana Anda bisa menciptakan forum diskusi kecil yang tentunya untuk bisa sharing mengenai pendidikan Anda dan bahkan bisa bertukar informasi yang Anda butuhkan butuhkan.

Dengan adanya teknologi, beberapa orang yang mungkin saja tidak mengenyam pendidikan yang tinggi bisa mengetahui berbagai macam hal layaknya mereka yang berkualiah. Mereka yang menggunakan sosial media, yang biasanya ada dalam sebuah group bisa saling berbagi pengalaman dan ilmunya.

Baca juga:  Penyedia SSH Premium yang Recommended Sekaligus Tercepat

Mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan

Anda tentu sudah merasakan dampak dari teknologi yang ada dalam menunjang proses pendidikan. Sebagai contoh, kala ada guru atau dosen berhalangan atau tidak bisa hadir dalam proses mengajar maka yang bersangkutan bisa mengirim materi ke pada murid atau mahasiswanya untuk dibahas bersama dengan sama sama muridnya.

Read :  6 Tips Lindungi Android dari Serangan Hacking

Selain itu yang menurut saya sangat hebat adalah jika mau seorang guru atau dosen bisa mengajar secara live sehingga murid atau mahasiswa yang diajar tidak ketinggalan mata pelajaran mereka. Tidak hanya dalam sekolah, cara seperti ini juga sangat terkenal di luar sekolah, dimana banyak bimbel online bertebaran memberikan penawaran terbaiknya.

Dengan live streaming, Anda bisa saja belajar dari guru dari luar negeri tanpa harus bertatap muka. Anda akan melihat langsung apa yang di ajarkan oleh sang gurug melalui perangkat teknologi eletronik seperti HP, laptop atau juga komputer.

Dalam dunia pendidikan, kehadiran teknologi memang sangat berkesan. Sebab dengan kemudahan yang di tawarkan membuat siswa atau mahasiswa bisa secara langsung belajar tanap harus pergi ke perpus untuk mencari berbagai macam tugas.

Dengan adanya teknologi, Anda hanya perlu membuka ponsel dan langsung searching apa yang Anda cari. Tidak akan memerlukan waktu lama tentunya untuk memperoleh jawaban atas apa yang Anda cari tersebut.

Secara singkat manfaat dari teknologi dalam dunia pendidikan sudah sangat di rasakan saat ini, terlebih lagi bagi mereka yang hidup di perkotaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top