Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

ternak ayam

Pultiopok.com – siapa yang gak tahu dengan ayam bangkok yang terkenal pertarung paling tangguh di dunia sabung. 

ternak ayam bangkok aduan yang Memiliki postur tubuh kekar dan gagah pastinya memiliki banyak penggemar. 

Biasanya pecinta ayam bangkok sekerdar koleksi saja adapula dipertarungkan di medan laga. Bahkan sampai ada yang ingin menyilangkan ayam bangkok dengan ayam lain supaya mendapatkan keturunan ayam lebih jago.

 Namun  sayang, populasi ternak ayam bangkok di indonesia masih sedikit. padahal potensi jual ayam bangkok sangat menjanjikan.

Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

Bagi kamu yang ingin menjadi ternak ayam bangkok pemula, berikut ulasannya dibawah ini.

Cara Pembibitan ayam bangkok

Pada awalnya kalian harus mengetahui cara pembibitan ayam yang benar. Nah pada tahap ini kalian harus benar benar teliti. Karena bibit ayam  bangkok dipasaran

1. Memilih Bibit

Ada banyak yang perlu diperhatikan untuk memilih bibit cara ternak ayam bangkok.

Yang pertama pemilihan bibit ayam bangkok jantan. Pastikan ayam bangkok jantan memiliki kepala lonjong khas buah pinang, untuk tulang leher dan badannya juga rapat, memiliki dada bidang, sayap lebat, paha yang bulat pipih, parung panjang dan tebal, sisik di kaki juga rapi dan mengkilat, serta memiliki kepakan sayap yang cepat.

Kemudian untuk bibit ayam bangkok betina, untuk indukan harus memiliki mata bersih, badan yang bulat sempurna, dan jarang sakit dari anakan. 

Read :  Analisa Ternak Ayam Potong 100 Ekor yang menjanjikan

2. Proses kawin

Nah setelah mendapatkan bibit yang cocok, kali ini kita lakukan proses pengkawinan ayam bangkok dari kedua indukan. 

Proses ini cukup gampang, cukup sediakan kadangan ukuran 5×5 meter kemudian masukan penjantan dan betina.

Bisa juga lakukan 1 pejantan  dengan 4 ekor betina atau bisa juga lakukan kawin langsung dengan menghadap ekor ayam betina ke arah ayam jantan.

Nah biasanya, Ayam jantan yang baik akan cepat merespon dengan mengawani betina. Dan selama proses, dianjurkan untuk memberikan vitamin kepada induk betina, kemudian diberikan dua kali sehari.

3. Pemilihan telur

Ada yang perlu kamu pahami dalam pemilihan telur yang hasil perkawinan. 

Jika telur berbentuk seperti oval memanjang, insyallah menetasnya calon anakan ayam bangkok jantan. Bila mana telur berbentul oval bulat, menetasnya akan membuahkan calon anakan ayam betina.

Membesarkan anak ayam bangkok

Selanjutnya membesarkan anak yang sudah menetas. Nah setelah telur sudah dipindahkan ke kandang khusus dan sudah melewati masa pengeraman, maka selanjutnya penetasan.

Setelah menetas, merawat anakan ayam bangkok. Nah ada beberapa langkah untuk membesarkan anakan ayam bangkok.

1. Pemindahan Anakan Bangkok

Setelah menetas, selanjutnya ambil anakan ayam bangkok segera dipisahkan dari induknya. 

Kemudian masukan kandang khusus, diberi pakan, namun ada ahli mengatakan untuk memberikan air saja terlebih dahulu sampai berumur 2 hari. 

Itu karena Anakan ayam bangkok masih memiliki nutrisi dari cangkang telur sebelumnya. Bila udah lewat dua hari, mulailah memberikan pakan pur pada hari hari berikutnya. 

2. Berikan Suplemen Tambahan

Anakan ayam bangkok juga rentan terkena serangan virus. Itu kenapa, ternak ayam bangkok ini membutuhkan adayan suplemen tambahan seperti campuran susu bubuk.

Read :  Ternak Ayam Petelur dengan Modal Kecil Untung Banyak

Kamu bisa campurkan susu bubuk dengan pur dengan banding antara 1:5.  Campuran ini juga sangat efektif untuk membantu bulu, tulang, dan bagian tubuh lainnya pada anakan ayam bangkok umur 1 sampai 4 bulan.

3. Merawat bulu anakan ayam bangkok

Jangan sepelekan dalam perawatan bulu anakan bangkok, Nyatanya bulu yang terlalu lebat pada anakan bangkok akan menghabiskan asupan protein dan vitamin untuk tubuh anakan bangkok.

Jadi disarankan untuk mencabuti bulu pada bagian sayap dan ekor pada anakan usia 3 mingguan. 

Selanjutnya masuk usia  2 bulan, cabuti bulu yang rontok pada sisi punggung leher anakan. Dengan begitu, akan mudah menyerap protein makanan dan lebih maksimal.

Persiapan Kandang Ayam Bangkok

Oke selanjut dalam ternak ayam bangkok sukses kamu perlu menyiapkan kandang. 

Ada beberapa tipe kandang yang perlu kamu ketahui, karena nanti akan berkaitan dengan proses pembesaran anakan dan perawatan ayam bangkokt. Berikut ulasannya

1. Membuat kandang ayam bangkok

Sebelum membuat kandang ayam bangkok, kamu perlu ketahui memperkirakan faktor seperi lokasi, kondisi tanah, aliran air, dan arah bangunan kandang. 

Untuk lokasi dianjurkan untuk memilih tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. Sedangkan untuk kondisi tanah, usahakan adanya pepohonan dengan aliran udara yang segar. 

Kemudian perhatikan aliran air, usahakan ketika hujan ada saluran air sendiri, jadi air tidak menggenang di kadang. 

Terakhir usahakan membuat kandang menghadap kearah sinar datangnya matahari. Ini untuk membuat tubuh ayam bangkok lebih sehat dan terhindar penyakit. 

2. Tipe kandang

Tipe kandang ayam bangkok ada tiga macam. Yang pertama kandang umbaran berfungsi untuk mengumbar ayam bangkok yang usia 1-3 bulan dan bisa juga digunakan untuk proses pengkawinan. 

Read :  10 Peluang Usaha Ternak Modal Kecil Untung banyak

Yang kedua tipe postal berfungsi untuk tempat anakan ayam yang baru menetas. Ukuran kadang ini antara 1,5 meter dan lebar 1 meter. Kemudian beralaskan tanah sama dengan kandangan ayam umbaran. 

Yang ketiga tipe kandang tidur, ini dibuat dengan ketinggian jarak minimal 1,5 meter dari tanah, dan memiliki suhu dingin pada malah hari.

Yang paling penting adalah menjaga kebersihan kandang. Bila tidak dibersihkan akan terserang penyakit pada ayam bangkok. 

ternak ayam

Ayam Bangkok Dewasa

Bila sudah berusia 4 bulan atau lebih maka ayam bangkok tersebut dikatakan sudah dewasa. Maka perlu mengubah komposisi pakan.

Ada komposisi pakan untuk ayam bangkok dewasa. Bukan hanya sekedar pur biasa. Namun ini lebih tekstur pakan ayam bangkok yang disukai. Berikut penjelasannya.

1. Tekstur keras

Pakan ternak ayam bangkok biasanya berupa jagung, dedak, beras merah, gabar atau konsentrat. Namun semua itu tergantung jenis ayam bangkoknya. 

Tapi jika ayam bangkok pukul, maka sebaiknya berikan jagung dan dedak. Ini komposisi paling tepat.

2. Air minum untuk ayam bangkok

Sama dengan kebutuhan kita adalah air minum. Ayam bangkok dewasa juga membutuhkan air minum yang banyak.

Maka dari itu perhatikan kebersihan air minum dengan mengganti minimal sehari sekali.

Musim Panen Ayam Bangkok 

Untuk masa panen ayam bangkok, sebenarnya tidak ada batasan umur khusus. Kamu bisa langsung menjual anakan bangkok, namun ada beberapa kriteria supaya nilai juga lebih mahal. Yaitu dilihat dari postur tubuh dan garis keturunannya. 

Nah untuk harga ayam bangkok yang bagus, kamu bisa menawarkan kepada kolektor ayam bangkok atau ke perternak lainnya. 

Ternak ayam bangkok super di atas tadi kamu bisa lakukan tahap tahap ini sampai berhasil. Mungkin ada beberapa kata yang sulit dimengerti mohon maaf.

Semoga ternak ayam bangkok sukses dan berjalan lancar. Mari berusaha ternak bersama. Saya dari pultiopok.com mohon pamit. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top