Cara mengatasi USB OTG Tidak Terbaca di Android

Cara Ampuh Mengatasi OTG tidak terbaca Bisa menggunakan salah satu trik di pultiopok.com, Sekarang ada masalah seperti error saat menghubungkan flashdisk ke Hp android, kemudian File yang dihubungkan tidak terbaca, atau bisa juga tidak terhubungnya USB external ke sistem android. Pasti kamu mengira Flashdisk tersebut sudah rusak dan bisa juga OTGnya rusak atau error.

Nah ini ada masalah yang menyebabkan USB OTG tidak terdeteksi Flashdisk di Hp android. ini dikarenakan bisa terkena Hardware Hp yang bermasalah, bisa juga error pada sistem android, bisa juga Kernel yang tidak support pada versinya, atau malahan dari perangkat flashdisk sendiri yang ada masalahnya.

Masalah yang terjadi pada USB OTG android. seperti:

– USB OTG Flashdisk sudah terdeteksi tetapi tidak terbaca.
– USB OTG Flashdisk tidak terdeteksi pada sistem android.
– Flashdisk yang sudah terdeteksi USB OTG Hanya support di android versi Kitkat, Lolipop, Marshmallow, Nougat, atau Oreo.
– Tidak semua FLashdisk yang bermerek bisa dapat terbaca atau terdeteksi.
– ada beberapa Merek Hp yang terdeteksi. misalnya Hp OPPO, Xiaomi, Samsung, Lenovo, dan lain lain.

Read :  Google Hadirkan Sebuah Toko Gadget yang khususnya di indonesia

Cara mengatasi OTG USB Tidak berfungsi pada Hp Android

Cara mengatasi USB OTG Tidak Terbaca di Android

Sulit mengatasi masalah OTG USB yang tidak terdeteksi pada sistem android. Mungkin kamu mencari solusi supaya OTG USB dapat terdeteksi di hp Kamu. Nah jika kamu masuk di artikel ini. mungkin kamu dapat mengatasi hal tersebut. dengan membaca tips dari saya dibawah ini.

1. Cek Kabel Usb OTG

untuk mengatasi masalah USB OTG yang tidak terdeteksi, Sebaiknya lihatlah perangkat OTG yang digunakan. Jika menggunakan OTG kabel, sebaiknya cek pada kabel tersebut. apakah terkena goresan atau Kabel tersebut putus.

Nah untuk mengatasi Kabel usb OTG yang bermasalah, sebaiknya cek terlebih dahulu dengan menggunakan HP teman yang sudah support OTG yang sudah terhubung dengan Flashdisk. Supaya kita bisa mengetahui bahwa USB OTG bisa atau tidak.

Read :  Hp Xiaomi Murah dibawah 2 juta Update 2020

2. Restart HP supaya kembali Normal

Nah jika ponsel kamu sebelumnya sudah bisa membaca file di flashdisk, kemudian tiba tiba tidak bisa membaca file secara menyeluruh Malahan tidak terdeteksi flashdisk tersebut. Solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Sebaiknya melakukan Reboot ulang atau merestart HP, Supaya sistem android yang tadinya tidak terdeteksi akan kembali semula dan sistem menjadi Fresh kembali menjadi normal. Ini juga sering terjadi karena ada beberapa aplikasi yang tidak mau memproses sehingga ada hardware juga akan mempengaruhi pada external memori yang akan dihubungkan.

3. Mengecek Flashdisk di PC

Nah biasanya ketika otg USB sudah dicek tetapi tetap saja tidak terbaca di hp kamu. sebaiknya lakukan pengecekan Flashdisk di pc atau laptop.

Baca juga: 6 Tips Lindungi Android dari Serangan Hacking

Coba kamu cek di flashdisk tersebut, apakah kondisinya bisa terbaca di pc atau laptop, dan juga cek pada format flashdisk, pastikan sudah masuk format FAT atau FAT32. jika formatnya menggunakan NTFS sebaiknya rubahlah ke FAT atau FAT32. Karena NTFS tidak support membaca isinya.

Read :  5 Aplikasi Edit Foto yang dipakai Selebgram. Biar Makin Kece

Cara merubah NTFS ke FAT Atau FAT32 

Format flashdisk kemudian klik pada file system setelah itu FAT32. Jika sudah disetting langsung Klik Start

Baca juga: Beberapa Fitur Menarik dari Android Oreo, yang wajib kamu coba

4. Menggunakan Flashdisk Merek lain

Jika masih belum bisa, Gunakan Flashdisk merek lainnya. Supaya kita dapat mengetahui dan membedakan Flashdisk merek lain.

Terkadang Hp di android juga menyesuaikan Flashdisk yang merek yang sesuai oleh hp bermerek. tetapi tidak dipandang hp yang bagus loh. melainkan mencocokan Flashdisk yang support pada Hp tersebut.

Baca juga: Tips Agar Mempercepat Koneksi Internet Di Android dalam Sekejap

Misalnya saja, saya punya Flashdisk merek tosiba kemudian saya coba ternyata gagal. setelah itu saya beli Flashdisk dengan merek Adata setelah saya coba ternyata bisa. dan support pada hp saya. ini hanya contoh saja.

5. Reset data di hp android

Nah cara terakhir, jika masih belum terdeteksi pada hp kamu. sebaiknya gunakan cara mereset data pabrik dari hp android kamu. Karena sudah banyak cara yang kamu lakukan dan masih saja gitu gitu ajh. ini opsi terakhir. kenapa harus mereset data pabrik. soalnya mungkin ada sistem yang cresh atau sistem android tidak jalan. sehingga proses untuk mendeteksi OTG USB tidak bisa berjalan mulus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top